Bagaimana mengkonfigurasi TL-WA501G/TL-WA601G sebagai Wifi repeater

Bagaimana mengkonfigurasi TL-WA501G/TL-WA601G sebagai Wifi repeater -



TL-WA501G dan TL-WA601G dapat dikonfigurasi sebagai repeater  (range extender/range expander).
Wifi Repeater berfungsi memperluas jangkauan jaringan wifi dengan lakukan relay sinyal wifi dari Access Point atau Wireless Router.

CATATAN: Pada bagian berikut, TL-WA501G/TL-WA601G digambarkan sebagai "REPEATER", dan perangkat wireless untuk diulang direpresentasikan sebagai "AP utama".

Untuk mengkonfigurasi Access Point sebagai repeater wifi, silakan menghubungkan komputer dengan perangkat AP yang akan di fngsikan sebagai REPEATER melalui kabel Ethernet (koneksi lewat wifi tidak dianjurkan untuk melakkan konfigurasi). Kemudian Anda perlu melakukan lima langkah berikut ini :

  1. Menetapkan alamat IP statis untuk komputer Anda.
  2. Mengubah alamat IP REPEATER untuk menyesuaikan jaringan AP utama.
  3. Mengubah alamat IP komputer Anda untuk menyesuaikan jaringan AP utama.
  4. Mengkonfigurasi modus repeater.
  5. Pengaturan Security Wifi.



CATATAN: Prosedur 2 dan 3 dibutuhkan karena kita perlu memastikan bahwa komputer dan REPEATER berada di subnet yang sama dengan AP utama.

1. Menetapkan alamat IP statis untuk komputer Anda.

DHCP server dinonaktifkan pada REPEATER secara default, jadi kita perlu memberikan alamat IP statis untuk komputer secara manual. 
konfigurasikan alamat IP komputer dalam subnet yang sama dengan REPEATER tersebut. Secara default pabrik, alamat IP dari REPEATER adalah "192.168.1.1", sehingga harus menetapkan alamat IP seperti "192.168.1.x"

2. Mengubah alamat IP REPEATER untuk menyesuaikan jaringan AP utama.

Alamat IP default TP-LINK AP adalah "192.168.1.1". Jika alamat IP AP utama adalah "192.168.0.1", kita perlu mengubah alamat IP untuk mencocokkan LAN AP utama, jadi kita perlu mengubahnya menjadi "192.168.0.x"

Buka browser web. Lalu ketik alamat IP dari REPEATER di address bar. Alamat IP default adalah "192.168.1.1", kemudian tekan [Enter].


Ketika jendela login muncul, silahkan ketik username "admin" dan password "admin" pada dialog kotak.


Pada halaman sebelah kiri, silahkan klik NETWORK-> LAN. Lalu ubahalamat IP di dalam kotak. Di sini kita mengambil "192.168.0.10" misalnya. Gateway harus LAN alamat IP dari AP utama Anda. Kemudian silahkan klik Save untuk menyimpan perubahan.



3. Mengubah alamat IP komputer Anda untuk menyesuaikan jaringan AP utama.

Karena kita menggunakan "192.168.1.x" pada komputer untuk mengkonfigurasi REPEATER, dan sekarang kita perlu mengubah lagi agar sesuai dengan jaringan utama Anda AP. Karena alamat IP AP utama adalah dalam subnet 192.168.0.x, kita harus mengubah alamat IP komputer agar sesuai "192.168.0.x", dan di sini kita bisa mengambil "192.168.0.2". Jadi kita bisa berkomunikasi dengan sempurna dengan baik REPEATER dan AP utama

4.Mengkonfigurasi modus repeater.

CATATAN: Sebelum melanjutkan, pastikan fungsi Wifi AP utama bekerja dengan benar.

Langkah 1
Buka browser web. Silahkan ketik alamat baru IP REPEATER di address bar, lalu tekan [Enter].

Ketika jendela login muncul lagi, silakan ketik username "admin"  dan password "admin" di kotak.

Langkah 2
Silakan pergi ke Wireless-> Wireless Mode.

Jika Anda AP utama mendukung fungsi WDS, silakan pilih Repeater:



Jika Anda AP utama tidak mendukung WDS, silakan pilih Universal Repeater:




Langkah 3
Klik tombol Survey di bagian bawah halaman Wireless Mode. Kemudian halaman Daftar AP muncul.

Silakan pilih SSID dari AP utama Anda, dan klik Connect pada baris yang sesuai.



Langkah 4
Setelah Langkah 3, ternyata Anda kembali ke halaman Wireless Mode. Alamat MAC Anda AP utama atau nirkabel harus secara otomatis mengisi kotak MAC AP. Silahkan klik tombol Save untuk menyimpan pengaturan.

Catatan: Jika tidak ada keamanan yang diatur pada AP utama, abaikan petunjuk berikut, dan semua pengaturan dasar selesai di sini.

5.Pengaturan Security Wifi.

Pada modus repeater, repeater hanya dapat mendukung enkripsi WEP. Jadi, Anda harus memastikan jenis keamanan pada AP utama adalah WEP.

Silakan pergi ke Wireless-> Wireless Security. Silakan lakukan pengaturan WEP yang sama dengan AP utama Anda. Kemudian klik Save untuk menyimpan pengaturan keamanan.



Sampai di sini, semua konfigurasi telah benar-benar selesai. Jika masih ada masalah, silahkan hubungi kami.

Posted by: WAYANK COMPUTER, Updated at: 01.17