Pengenalan Jaringan Wireless

Pengenalan Jaringan Wireless -
Pengenalan Jaringan Wireless
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini menjadikan suatu fenomena yang tidak asing lagi. Dengan perkembangan teknologi inilah yang menjadikan suatu kebutuhan teknologi informasi yang akurat, cepat semakin banyak untuk saat ini.. Negara yang sedang berkembang seperti halnya Indonesia kebutuhan teknologi informasi yang paling pesat saat ini adalah akses internet bagi masyarakat.

Penggunaan internet ini digunakan sebagai suatau media komunikasi, pengaksesan data.

Teknologi wireless merupakan suatu media yang digunakan untuk pengaksesan internet yang sudah lagi tidak menggunakan kabel sebagai medi transmisi tetapi menggunakan frekuensi radio (RF). Wi-Fi (wireless fedelity) suatu jaringan local nirkabel atau WLAN (wireless local area network), WI-fi merupakan suatu kebebasan untuk mengakses internet disuatu tempat seperti halnya kampus, pusat perbelanjaan, kafe, ataupun tempat-tempat umum yang bertuliskan “wi-fi Hotspot atau Hotspot area”.

Pengartian WI-FI
Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.(http://id.wikipedia.org/wiki)

Hotspot
Hotspot (Wi-Fi) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.

Pada umumnya, hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.

Spesifikasi Wi-fi

Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g, and 802.11n. Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi. Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005.

Infrastruktur peralatan jaringan Wi-FI
USB WIreless
PCI Card Wireless
PCMCI
Posted by: WAYANK COMPUTER, Updated at: 18.55